Proposal Segmenting, Targeting, Positioning (tugas 3)
ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN
Dibeberapa sudut perkotaan ataupun
pedesaan, usaha rumahan jasa laundry kiloan telah menjadi bisnis rumahan yang
sanagat potensial unutk tambahan penghasilan. Bisnis rumahan seperti ini saya
jadikan bisnis rumahan milik sendiri atau waralaba.
A.
PRODUK
YANG DESEDIAKAN
KEUNGGULAN YANG DI BERIKAN UNTUK PELANGGAN
1. Mengutamakan kesempurnaan dalam kualitas yang
diberikan kepada seluruh pelanggan.
2. Menggunakan Chemical Laundry berkualitas
Premium yang Ramah Lingkungan.
3. Adanya Garansi Cuci Ulang tanpa dipungut biaya
tambahan bagi Anda yang mungkin kurang puas dengan hasil kerja kami,
misalkan tidak bersih ataupun tidak rapi dalam hasil setrika.
4. Menggunakan Tenaga Kerja Profesional yang
telah ditraining/dilatih.
5. Menggunakan pedoman cuci berdasarkan Textile
Care Washing Symbol sehingga cucian Anda senantiasa awet dan sesuai dengan usia
pakainya.
6. Menggunakan Mesh Laundry Bag (Kantong Cuci
Khusus) dalam mencuci sehingga serat pakaian Anda tidak akan menjadi rusak
karena sering di tusuk oleh jarum tag gun untuk pin label dan risiko untuk tertukar
sangat kecil.
7. Cucian pelanggan tidak dicampur saat mencuci,
sehingga mudah dalam pengontrolan dan tidak membuat pelanggan risih.
8. Tersedia area basah dan area kering, sehingga
tidak mengganggu proses pencucian, proses pengeringan, dan proses setrika.
9. Menggunakan mesin pengering pakaian dan lemari
khusus pengering dan tidak menggunakan pengeringan sinar matahari, sehingga
cucian anda senantiasa steril dari debu dan kotoran lain yang mungkin menempel.
10. Berbagai Surprise Reward yang menarik yang selalu kami
berikan sebagai wujud kepedulian kami terhadap pelangga
B.
SEGMENTING
PEMASARAN PRODUK
a.
Banyak peminat
b.
Mudah di jangkau
c.
Belum ada / masih sedikit pesaing
d.
Wilayah Pemasaran
·
Jakarta
·
Bandung
·
Bekasi
e.
Jalur Distribusi
·
Individu
·
Perumahan
·
Perkantoran
·
Perkampusan
f.
Alamat showroom/counter penjualan
·
JL. Jatinegara Kaum I No 36 Jakarta Timur Rawamangun
·
JL. Purwakarta No. 104 Antapani Bandung
·
Perum Duta kranji JL. Mawar No 77 Bekasi Barat
C.
TARGETING
PEMASARAN PRODUK
Pemasaran yang di tuju adalah perumahan,
kalangan remaja, orang kantor dan siapapun yang membutuhkan tenaga kerja lebih untuk
membantu mengurangi pekerjaan rumah, tugas mahasiswa dll.
D.
STRATEGI
PEMASARAN
·
Pengembangan Produk/Jasa
Laundry Kiloan yang saya dirikan akan terus saya kembangkan
dengan mengembangkan kualitas yang lebih
baik lagi, menambah inovasi-inovasi baru, penanganan terhadap pelanggan lebih
mengutamakan pelanggan apabila pelanggan tidak menyukai hasil kerja kami
misalnya kurang rapi dalam menyetrika, kurang wangi kami akan mencuci ulang
tanpa memungut biaya pelanggan (gratis).
·
Pengembangan Wilayah
Untuk saat ini pengembangan pemasaran
sudah berada di wilayah Jakarta, Bandung, Bekasi. Dan selanjutnya kami akan
meluaskan wilayah di daerah Jogjakarta, Semarang, Malang. Dimana kami akan
mencari wilayah yang strategis, banyak peminat dan jarang pesaing.
·
Kegiatan Promosi
Promosi yang kami gunakan adalah
membuat brosur dan voucher per bulannya untuk penawaran cucian gratis atau
penawaran system diskon. Agar meingkatkan minat para langganan supaya tetap
menggunakan jasa kami dan menambah pelanggan.
·
Harga
Kami memberikan penawaran harga yang sangat
murah, dengan mengasumsikan
harga laundry seperti di bawah ini :
1.Paket cuci+lering+setrika :
Rp 6.000,-/Kg
2.Paket cuci
basah :
Rp 3.000,-/Kg
3.Cuci kering tanpa setrika :
Rp 4.500,-/Kg
5.Jasa setrika :
Rp 4.500,-/Kg
Pemasukan selama satu bulan Rp. 400.000
x 30 : Rp 12.000.000
Pengeluaran :
1. Gaji pegawai Rp.
1.000.000
2. Pewangi+pelembut Rp. 1.200.000
3. Listrik+Telpon Rp.
1.100.000
4. Lain – lain Rp.
300.000
Keuntungan Rp.
8.400.000
E.
ANALISIS
RISIKO USAHA
·
Tidak Produksi
·
Tidak ada produk yang basi
·
Minim bangkrut
F.
POSITIONING
Positioning
didefinisikan sebagai strategi untuk memenangi dan menguasai benak pelanggan
melalui produk atau jasa yang anda tawarkan. Bisnis Laundry adalah bisnis yang
sedang booming belakang ini. Bisnis laundry rumahan sekarang ini termasuk dalam
jajaran bisnis yang sangat prospektif karena di zaman yang serba praktis
seperti sekarang ini banyak masyarakat yang memiliki gaya hidup super sibuk dan
tidak sempat mencuci pakaian sendiri. Karena ini bisnis rumahan saya sebagai
leader ”reason to buy” alas an untuk
membeli atau menggunakan jasa kami. Dengan begini saya bisa meyakinkan para
peminat untuk yakin menggunak atau mencoba pelayanan kami.
terimakasih telah berbagi informasi yang sangat bermanfaat...
BalasHapusAplikasi Kasir Android