Proposal Segmenting, Targeting, Positioning (tugas 3)

ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN
Dibeberapa sudut perkotaan ataupun pedesaan, usaha rumahan jasa laundry kiloan telah menjadi bisnis rumahan yang sanagat potensial unutk tambahan penghasilan. Bisnis rumahan seperti ini saya jadikan bisnis rumahan milik sendiri atau waralaba.
A.      PRODUK YANG DESEDIAKAN
KEUNGGULAN YANG DI BERIKAN UNTUK PELANGGAN 
1.       Mengutamakan kesempurnaan dalam kualitas yang diberikan kepada seluruh pelanggan. 
2.       Menggunakan Chemical Laundry berkualitas Premium yang Ramah Lingkungan. 
3.       Adanya Garansi Cuci Ulang tanpa dipungut biaya tambahan bagi Anda yang mungkin kurang puas dengan hasil kerja kami, misalkan  tidak bersih ataupun tidak rapi dalam hasil setrika. 
4.       Menggunakan Tenaga Kerja Profesional yang telah ditraining/dilatih. 
5.       Menggunakan pedoman cuci berdasarkan Textile Care Washing Symbol sehingga cucian Anda senantiasa awet dan sesuai dengan usia pakainya. 
6.       Menggunakan Mesh Laundry Bag (Kantong Cuci Khusus) dalam mencuci sehingga serat pakaian Anda tidak akan menjadi rusak karena sering di tusuk oleh jarum tag gun untuk pin label dan risiko untuk tertukar sangat kecil. 
7.       Cucian pelanggan tidak dicampur saat mencuci, sehingga mudah dalam pengontrolan dan tidak membuat pelanggan risih. 
8.       Tersedia area basah dan area kering, sehingga tidak mengganggu proses pencucian, proses pengeringan, dan proses setrika.  
9.       Menggunakan mesin pengering pakaian dan lemari khusus pengering dan tidak menggunakan pengeringan sinar matahari, sehingga cucian anda senantiasa steril dari debu dan kotoran lain yang mungkin menempel. 
10.   Berbagai Surprise Reward yang  menarik yang selalu kami  berikan sebagai wujud kepedulian kami terhadap pelangga

B.      SEGMENTING PEMASARAN PRODUK

Pemilihan usaha yang strategis dengan acuan : 
a.       Banyak peminat 
b.      Mudah di jangkau 
c.       Belum ada / masih sedikit pesaing 
d.      Wilayah Pemasaran 
·         Jakarta 
·         Bandung 
·         Bekasi 
e.      Jalur Distribusi 
·         Individu 
·         Perumahan 
·         Perkantoran 
·         Perkampusan 
f.        Alamat showroom/counter penjualan  
·         JL. Jatinegara Kaum I No 36 Jakarta Timur  Rawamangun 
·         JL. Purwakarta No. 104 Antapani Bandung 
·         Perum Duta kranji JL. Mawar  No 77 Bekasi Barat

C.      TARGETING PEMASARAN PRODUK
Pemasaran yang di tuju adalah perumahan, kalangan remaja, orang kantor dan siapapun yang membutuhkan tenaga kerja lebih untuk membantu mengurangi pekerjaan rumah, tugas mahasiswa dll.

D.      STRATEGI PEMASARAN
·         Pengembangan Produk/Jasa 
Laundry Kiloan  yang saya dirikan akan terus saya kembangkan dengan mengembangkan kualitas yang lebih  baik lagi, menambah inovasi-inovasi baru,  penanganan terhadap pelanggan lebih mengutamakan pelanggan apabila pelanggan tidak menyukai hasil kerja kami misalnya kurang rapi dalam menyetrika, kurang wangi kami akan mencuci ulang tanpa memungut biaya pelanggan (gratis). 
·         Pengembangan Wilayah 
Untuk saat ini pengembangan pemasaran sudah berada di wilayah Jakarta, Bandung, Bekasi. Dan selanjutnya kami akan meluaskan wilayah di daerah Jogjakarta, Semarang, Malang. Dimana kami akan mencari wilayah yang strategis, banyak peminat dan jarang pesaing. 
·         Kegiatan Promosi 
Promosi yang kami gunakan adalah membuat brosur dan voucher per bulannya untuk penawaran cucian gratis atau penawaran system diskon. Agar meingkatkan minat para langganan supaya tetap menggunakan jasa kami dan menambah pelanggan. 
·         Harga 
Kami memberikan penawaran harga yang sangat murah, dengan mengasumsikan harga laundry seperti di bawah ini : 
1.Paket cuci+lering+setrika                                                          : Rp 6.000,-/Kg 
2.Paket cuci basah                                                                       : Rp 3.000,-/Kg 
3.Cuci kering tanpa setrika                                                           : Rp 4.500,-/Kg 
5.Jasa setrika                                                                               : Rp 4.500,-/Kg 
Pemasukan selama satu bulan    Rp. 400.000 x 30                        : Rp 12.000.000 
Pengeluaran :                                                                                  
1.       Gaji pegawai                                                                           Rp. 1.000.000 
2.       Pewangi+pelembut                                                                  Rp. 1.200.000 
3.       Listrik+Telpon                                                                         Rp. 1.100.000 
4.       Lain – lain                                                                               Rp. 300.000

Total pengeluaran                                                                           Rp. 3.600.000 
Keuntungan                                                                                   Rp. 8.400.000

E.       ANALISIS RISIKO USAHA
·         Tidak Produksi
·         Tidak ada produk yang basi
·         Minim bangkrut

F.        POSITIONING
Positioning didefinisikan sebagai strategi untuk memenangi dan menguasai benak pelanggan melalui produk atau jasa yang anda tawarkan. Bisnis Laundry adalah bisnis yang sedang booming belakang ini. Bisnis laundry rumahan sekarang ini termasuk dalam jajaran bisnis yang sangat prospektif karena di zaman yang serba praktis seperti sekarang ini banyak masyarakat yang memiliki gaya hidup super sibuk dan tidak sempat mencuci pakaian sendiri. Karena ini bisnis rumahan saya sebagai leader ”reason to buy” alas an untuk membeli atau menggunakan jasa kami. Dengan begini saya bisa meyakinkan para peminat untuk yakin menggunak atau mencoba pelayanan kami.



Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer